RANCANGAN MODEL PEMBELAJARAN TERPADU WEBBED DI TK
MATERI V
RENCANA MODAL PEMBELAJARAN TERPAU D TK DENGAN
MODEL WEBBED
Untuk membuat rancanganpembeljaran
terpadu dengan model jaringan laba laba
di TK,perlu memperhatikan tahap-tahap langkah:
1. Mempelajari kompetensi
dasar,hasil belajar,da indicator setiap bidang pengembangan untuk masing-masing
usia, ini merupakan langkah awal,kompetensi ini yang menjadikan acuan dalam pembelajaran
dalam pemilihan tema kegiatan yang sesuai.
2. Mengidentifikasi tema dan
sub tema dan memetakanya. Tema memegang peranan penting dalam kegiata
pebeljaran di tk,yaitu untuk;
·
Memudahkan anak memusatkan perhatian pada suatu tema atau
Topic
·
Memudahkan anak mempelajari pengetahuan dan pengembangan berbagai bidang
pengembangan dalam tema yang sama
·
Meningkatkan pemahaman terhadap materi
·
Mengembangkan berbagai macam kompetensi dengan mengaitkan aspek dengan
pengalaman pribadi anak
·
Anak lebih merasakan manfaat dan makna belajar
·
Meningkatkan gairah beajar anak
·
Efesiensi waktu
3. Mengidentifikasi indicator
pada setiap kompetensi bidang pengembangan melalui tema dan sub tema, perlu
melihat indicator dan mengusahakan agar selalu di bidang pengembangan dapat
sulit disesuaikan dengan jaringan tema yang ada lebih diutamakan tercapainya
kemampuan tersebut bukan keterlaksanakan jaringan.
4. Menentukan kegiatan pada setiap bidang pengembangan mengacu pada indikator
yang akan dicapai dan sub tema yang dipilih, pada langah ini dari setiap indicator
yang ditentukan sesuai dengan tema dan subtema.
5. Menyusun rencana kegiatan
mingguan
6. Menyusun rencana kegiatan
harian
Komentar
Posting Komentar